Jumat, 13 Maret 2015

MSDM1

Manajemen Sumber Daya Manusia

     
Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah hal yang sangat penting disebuah organisasi/perusahaan untuk mencapai visi misi dari organisasi/perusahaan tersebut.
Manajemen Sumber Daya Manusia inilah yang akan mengatur dan mengelola hubungan dan peranan oleh masing-masing individu (sumber daya) untuk menunjang aktifitas perusahaan sehingga tujuan dari perusahaan tersebut tercapai.
Bagian atau unit yang menangani sumber daya manusia adalah Departemen Sumber Daya atau yang lebih dikenal dengan sebutan Human Resources Department (HRD).

Sebenarnya apakah pengertian dari Manajemen Sumber Daya Manusia itu, mari kita lihat menurut pendapat dari beberapa ahli :

1. Mary Parker Follett ; Manajemen Sumber Daya Manusia adalah suatu seni untuk mencapai  tujuan-tujuan organisasi melalui pengaturan orang-orang lain untuk melaksanakan berbagai pekerjaan yang diperlukan, atau dengan kata lain tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.
2. Mathis dan Jackson ; Manajemen Sumber Daya Manusia adalah rancangan sistem-sistem formal dalam sebuah organisasi untuk memastikan penggunaan bakat manusia secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan organisasi
3. Achmad S. Rucky ; MSDM adalah penerapan secara tepat dan efektif dalam proses akusis, pendayagunaan, pengembangan dan pemeliharaan personil yang dimiliki sebuah organisasi secara efektif untuk mencapai tingkat pendayagunaan sumber daya manusia yang optimal oleh organisasi tersebut dalam mencapai tujuan-tujuannya.

Dari pendapat para ahli di atas dapat diambil kesimpulan bahwa MSDM itu sangat berperan penting dalam mencapai keberhasilan perusahaan/organisasi tersebut. Namun, pengolahan sumber daya ini tidak hanya menjadi tanggung jawab dari HRD, tetapi menjadi tanggung jawab dari setiap karyawan. setiap perusahaan tentunya mempunyai visi misi yang berbeda dan mempunyai standard yang berbeda pula. Hal inilah yang menjadi tugas dari departemen sumber daya  manusia supaya SDM di perusahaannya tetap terjaga.
Berikut sedikit dijelaskan mengenai komponen inti dari MSDM yang biasa ditemukan di perusahaan:
1. Merekrut Karyawan Baru
Setiap perusahaan tentunya mempunyai prosedur untuk memandu perekrutan karyawan baru. Adanya prosedur perekrutan karyawan ini diharapkan perusahaan menemukan calon karyawan yang potensial.
2. Mengelola karyawan yang ada
MSDM juga bertugas untuk mengelola karyawan yang ada dengan tujuan untuk meningkatkan sumber daya  yang sudah ada dengan melakukan beberapa program seperti Pelatihan (Training) atau melakukan pertukaran karyawan keluar negeri.
3. Mengatur Sistem Remunerasi
MSDM juga mengatur mengenai remunerasi karyawan karena berkaitan dengan kesejahteraan karyawan. Hal ini sangat penting bagi karyawan untuk mengetahui apakah di perusahan tersebut mempunyai jenjang karier atau tidak.
4. Manajemen Kinerja

Dari manajemen kinerja ini, MSDM akan menentukan kemajuan karir dari karyawan tersebut dan menentukan jumlah kenaikan gaji dengan melakukan evaluasi hasil kerja. Berdasarkan evaluasi hasil kerja tersebut perushaan dapat menilai kinerja dari tiap-tiap karyawannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar